Kupas Singkat Tiga Ekosistem Solusi Digital Terbaru Indibiz

Daftar Isi
solusi digital terbaru Indibiz health, energi, Ekspedisi

“Bosan nggak sih Bun, jadi ibu rumah tangga yang stay di rumah aja?” tiba-tiba suamiku tanya begini waktu pillow talk

Sambil tersenyum simpul, kujawab,”Berhubung sudah 11 tahun menjalani kehidupan seperti ini, rasanya nyaman aja sih. Meskipun nggak bohong juga kalau sesekali bosan, jenuh, dan kadang ada rasa ingin kerja di luar lagi.”

“Berarti kalau ada kesempatan kerja, milih di rumah aja?”

“Kurang lebih gitu, cari peluang bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah aja. Zaman sudah makin modern, banyak solusi digital yang bisa kita gunakan untuk memulai dan mengembangkan bisnis, ciptakan peluang usaha, dan banyak lagi.”

Yes! Pengen banget wujudkan harapan sejak kecil dulu untuk punya usaha di rumah, tapi sebenarnya masih cari keberanian juga nih buat bikin usaha. Nah, pas lagi scroll-scroll ponsel malah nemu berita di Pikiran Rakyat, Telkom melalui Indibiz hadirkan ekosistem solusi digital baru di bidang kesehatan, energy, dan ekspedisi. Wah, keren nih! Jadi makin semangat buat mencoba merintis bisnis.

Lini bisnis di sektor kesehatan melalui Indibiz Health, sektor energi melalui Indibiz Energi dan sektor logistis melalui Indibiz Ekspedisi ini melengkapi empat sektor ekosistem bisnis yang telah digarap Indibiz sebelumnya. Yaitu, Indibiz Sekolah, Indibiz Ruko, Indibiz Hotel dan Indibiz Multifinance. 

Apa itu Indibiz?

Indibiz adalah ekosistem solusi digital dunia usaha dari Telkom Indonesia yang membantu pebisnis menciptakan peluang dan mewujudkan harapannya. Ekosistem yang dihadirkan Indibiz terdiri dari empat pilar strategis untuk memberikan ragam solusi digital bagi UKM. Pilar pertama adalah solusi platform dan layanan digital. Pilar kedua, kolaborasi dengan start up dan para developer yang fokus untuk solusi kemajuan UKM. Ketiga, kolaborasi solusi pembiayaan dengan lembaga keuangan. Dan pilar keempat kolaborasi bersama komunitas dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas bisnis. Indibiz menawarkan beragam layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya karena hadir dengan berbagai layanan di banyak sektor bisnis, seperti Indibiz Sekolah, Indibiz Ruko, Indibiz Hotel, dan Indibiz Multifinance, Indibiz Health dan Indibiz Energi dan Indibiz Ekspedisi

VP Enterprise Business Orchestration Telkom, Tanto Suratno menjelaskan Indibiz Health, Indibiz Energi dan Indibiz Ekspedisi menjadi pelengkap dari ekosistem Indibiz yang dapat dimanfaatkan untuk para pebisnis di sektor kesehatan dan energi.

“Kehadiran Indibiz Health, Indibiz Energi dan Indibiz Ekspedisi semakin memperkokoh posisi Telkom yang kini tengah fokus menggarap pasar business to business (B2B), khususnya para pelaku usaha di sektor kesehatan, energi dan logistik yang ada di penjuru Indonesia,” Seperti yang dikutip Pikiran Rakyat yang kubaca hari ini.

Ketiga lini baru Indibiz ini pastinya akan semakin memperkuat ekosistem solusi digital yang Indibiz hadirkan untuk kemajuan dan keberlanjutan bisnis khususnya pelaku UKM yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Gimana? Menarik bukan? Yuk kita kupas satu-persatu.

Indibiz Health: Healthical

Solusi digital Indibiz Health ini sangat tepat untuk para pelaku usaha di bidang kesehatan, seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, dan praktik dokter. Nah, Temans yang pengen punya klinik atau mau buka praktik dokter mandiri, boleh banget nih buat mengulik indibiz health ini supaya makin lancer usahanya. Mau kan wujudkan harapan diri-sendiri dan orang tua?

Salah satu produk yang Indibiz Health hadirkan adalah Healthical, solusi digital dari Indibiz sebagai Sistem Informasi Manajemen (SIM) terpadu untuk fasilitas kesehatan (Rumah Sakit, Klinik dan Puskesmas). Healthical dapat mewujudkan kemudahan, kecepatan dan pengembangan layanan di setiap fasilitas kesehatan yang sudah memenuhi  standar SATUSEHAT Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan sesuai Health Level Seven International.

Nah, kalau ada solusi digital seperti ini, bakal makin memudahkan pelaku UKM dan juga pelanggan yang menggunakan jasanya. 

Indibiz Energi: Smart Water Meter

Di pedesaan khususnya, biasanya masyarakat mengelola sumber air bersih secara swadaya. Masyarakat dipatok iuran yang sama tiap bulan meskipun penggunaan air tiap pelanggan pasti berbeda. Padahal jika mau dikelola lebih professional dan memanfaatkan teknologi terkini, bisa menjadi peluang bisnis bersama yang profitnya akan kembali ke masyarakat.

Salah satu teknologi ini ada pada layanan Indibiz Energi,  di mana salah satu solusi digital yang dihadirkan adalah Smart Water Meter. Dengan layanan digital dari Telkom ini, pencatatan penggunaan air secara real-time lebih mudah dan mampu mengintegrasikan produk digital untuk kontrol yang efektif dan real-time. Dengan infrastruktur yang tersebar ke seluruh negeri dan layanan customer service secara digital, Indibiz Energi siap membantu bisnis di sektor energi.

Kuy! Anak muda yang punya passion di bidang energi, bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menciptakan peluang usaha di wilayah masing-masing. 

Indibiz Ekspedisi: Antares Fleet Management

Bagi UKM atau perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi atau pengiriman barang, Indibiz juga menghadirkan solusi digital melalui Antares Fleet Management

Antares Fleet Management adalah solusi layanan terbaik untuk meningkatkan produktivitas dan visibilitas kegiatan operasional perusahaan. Khususnya untuk melakukan monitoring logistik.

Beberapa perusahaan yang telah disolusikan dan dilakukan pendekatan, sangat bervariasi mulai dari perusahaan Pertambangan, Pertanian, Niaga, dan Perusahaan Ekspedisi. Melalui Layanan yang ditawarkan, Perusahaan dapat melakukan tracking dalam armada yang dimiliki, seperti armada truk, atau kapal yang ada di pelabuhan.

Ketika monitoring berbagai elemen perusahaan bisa berjalan dengan baik, produktivitas meningkat, dan layanan di seluruh wilayah/cabang juga bisa lebih optimal. Hasilnya, perusahaan bisa scale up lagi, meningkatkan omzet, atau menambah cabang di seluruh wilayah Indonesia hingga mancanegara.

Indibiz Ekspedisi dengan layanan Antares Fleet Management
Antares Fleet Management, memudahkan monitoring kapal di pelabuhan.
Ilustrasi: dokumen pribadi Arina Mabruroh

Wah, tentunya ketiga lini baru Indibiz ini menjadi kabar gembira bagi para pelaku UKM di daerah di seluruh Indonesia. Semacam mendapat angin segar di tengah berbagai kendala yang dihadapi para pelaku UKM. 

Ternyata, selain ketiga sektor baru itu, masih akan hadir lagi sektor lainnya, yang tentunya sebagai solusi digital yang dihadirkan Telkom untuk pelaku usaha. Semoga semua sektornya bisa makin berkembang dan terus berinovasi supaya support terus pengusaha lokal.

OVP Enterprise Regional Management Telkom, Reni Yustiani menambahkan, kehadiran tiga sektor Indibiz di bidang kesehatan, energi dan logistik tersebut, menjadi kabar baik bagi pelaku bisnis khususnya pelaku UKM di daerah.

“Penambahan tiga lini industri di sektor kesehatan, energi dan logistik semakin memperkuat posisi Indibiz sebagai ekosistem solusi digital di pasar business to business (B2B) Telkom di daerah di Indonesia. Kami berharap kehadiran Indibiz semakin membuka peluang dan mewujudkan harapan pelaku bisnis semakin maju dan berkembang,” jelas Reni.

Bagi Indibiz, “ciptakan peluang, wujudkan harapan” bukan sekadar tagline semata. Tapi sebuah semangat untuk membantu para pelaku usaha di berbagai sektornya agar akselerasi digital pelaku usaha di Indonesia semakin menggeliat dan bisnis yang dijalankan terus maju dan berkelanjutan.

MasyaAllah, luar biasa!

Apa pun bisnisnya, selalu ada solusi digital kalau pakai layanan Indibiz. Semoga semakin luas menebar manfaat khususnya untuk para pelaku UKM, agar mereka mampu menciptakan peluang dan mewujudkan harapan untuk masa depan. Masa depan mereka, adalah masa depan kita dan masa depan Indonesia. 

Semoga bermanfaat, 

Salam,

5 komentar

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam
Comment Author Avatar
1 Juli 2024 pukul 09.59 Hapus
Bagus nih programnya Indibiz untuk mendukung UMKM di Indonesia agar lebih maju ya
Comment Author Avatar
1 Juli 2024 pukul 14.20 Hapus
Aamiin... ikut bahagia kalau UMKM makin maju, makin sukses
Comment Author Avatar
Yuna
1 Juli 2024 pukul 10.17 Hapus
Makasih artikelnya bermanfaat
Comment Author Avatar
1 Juli 2024 pukul 14.21 Hapus
Terima kasih sudah berkunjung
Comment Author Avatar
2 Juli 2024 pukul 04.46 Hapus
Semakin banyak ya program positif kayak gini, suka deh
Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Intellifluence Logo Link Banner