Liburan Akhir Tahun Sekolah ke Kemenuh Butterfly Park & Waterpark

Daftar Isi
Liburan akhir tahun sekolah ke Kemenuh Butterfly Park

Liburan akhir tahun pelajaran sudah berlalu hampir setengahnya. Sudah liburan sekolah bareng keluarga, atau masih belum menentukan mau liburan ke mana?

Kalau nggak bisa pergi jauh karena berbagai alasan, nggak masalah pergi ke tempat yang dekat, yang penting quality time bersama keluarga tercinta. Nah, buat yang di Bali, cocok banget nih quality time ke destinasi wisata edukasi Kemenuh Butterfly Park dan Kemenuh Waterpark.

Destinasi wisata keluarga ini berada di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar, Bali. Lokasinya masih terbilang dekat dari Kota Denpasar, kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda dua/empat.

Waktu kami ke sana, kami sengaja naik bus umum Trans Metro Dewata. Lebih tepatnya, saya dan 2 anak naik bus, Ayah dan 1 anak naik motor. Anak-anak senang bisa naik bus sampai cukup lama, lebih hemat biaya meskipun sedikit lebih ribet di lokasi. Berhubung lebih sulit jika hanya mengandalkan bus, maka Ayah tetap naik motor. Jika di lokasi kesulitan mencari mushala atau tempat makan, bisa keliling naik motor, nggak jalan kaki.

Kami turun di halte terdekat, lalu naik motor menuju lokasi. Kurang lebih 10 menit perjalanan santai dari halte sampai ke taman kupu-kupu ini.

Menuju ke kemenuh Butterfly Park kita akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah. Sesekali terlihat pohon-pohon kelapa berjajar di tepi jalan atau di sekitar persawahan. Udara sejuk membelai lembut wajah, terasa dingin menyegarkan. 

Memasuki area, terdapat tempat parkir yang cukup luas. Biasanya ada petugas yang akan mengarahkan, bisa parkir di depan atau di area belakang yang lebih dekat dengan pintu masuk waterpark. Kami memilih untuk parkir di dekat waterpark agar tidak perlu membawa barang berat saat berkeliling kebun.

Loket pembelian tiket berada di sebelah pintu masuk tropical garden. Kami membeli tiket paket butterfly park dan waterpark. Anak-anak ingin berenang sedangkan saya senang melihat kupu-kupu beterbangan. Anak-anak pun terlihat antusias ketika tahu akan melihat kupu-kupu. 

tropical garden kemenuh butterfly park bali

Kemenuh Butterfly Park

Tropical Garden & Butterfly House

Kemenuh Butterfly Park merupakan wisata sekaligus tempat konservasi, edukasi, dan atraksi berbagai jenis kupu-kupu. Sebelum masuk ke “kandang kupu-kupu” kita akan disambut dengan taman dan suara gemericik air dari kolam buatan. Suasana di dalam taman tropis ini tak kalah sejuk dengan area persawahan di sekitarnya. Pepohonan tropis yang tinggi semakin menambah sejuk dan segar udara. Patung-patung dan ornamen menambah semarak kebun. Bagi yang senang mengabadikan momen, ada beberapa spot dan landmark “Kemenuh Butterfly Park” yang cantik. Sayang jika dilewatkan. Selain itu, terdapat juga aneka bonsai berukuran cukup besar yang menambah pesona kebun. 

Oh ya, di sini juga ada beberapa jenis burung dan unggas. Ada buruh hantu, ayam dan kalkun, burung merpati, dll. Suara burung yang sesekali terdengar makin menciptakan suasana yang khas alam.

Menuju area konservasi kupu-kupu, dipisahkan oleh pintu jaring-jaring. Seluruh area konservasi juga ditutup dengan paranet, menghindari kupu-kupu terbang bebas ke luar area. Begitu masuk, langsung disambut dengan kupu-kupu berbagai jenis dan warna yang beterbangan di sekitar. MasyaAllah, luar biasa! Sebelumnya, kami pernah mengunjungi Bali Butterfly Park yang berada di Tabanan. Sayangnya, karena pandemic dan kekurangan biaya operasional, kupu-kupu yang ada jauh berkurang dari biasanya. Sepertinya saat ini sudah kembali normal.

Berbagai jenis tanaman sengaja ditanam sebagai tanaman inang kupu-kupu (tanaman tempat mereka bertelur dan ulat tumbuh untuk kemudian menjadi kupu-kupu lagi). 

Sayangnya, waktu kami datang sedang mendung dan sedikit gerimis sehingga banyak kupu-kupu yang memilih untuk berlindung di bawah dedaunan. “Mereka takut kena hujan, karena bisa bikin sayapnya rusak,” kata salah seorang petugas konservasi. 

Di tengah-tengah kebun, terdapat area konservasi yang disebut ”ruang pupa/chrysalis room/cocoon room” di mana kepompong-kepompong dikumpulkan di sini untuk dipelihara sampai mereka menetas dan menjadi kupu-kupu dewasa. Setelah bisa terbang, mereka pun dilepaskan agar bebas terbang di kebun.

Ratusan kepompong dari berbagi spesies kupu-kupu digantung di tempat khusus. Jika beruntung, kita bisa melihat kepompong yang sedang menetas. 

Beruntung, kami bisa melihat kupu-kupu yang masih belum lepas dari kepompongnya. Tak hanya itu, kami hanya menyaksikan kepompong-kepompong yang sudah kosong dan kupu-kupu yang masih belajar terbang. Kita juga boleh memegang kupu-kupu dan ngengat besar (kupu-kupu gajah) yang masih ada di kandang. Cukup menyenangkan dan anak-anak pun antusias meskipun mereka tidak berani memegang kupu-kupu yang belum bisa terbang itu. 

Di luar “kandang kepompong” terdapat wall yang berisi preparat kupu-kupu. Nah, di sini kita bisa mengenal berbagai jenis dan spesies kupu-kupu yang dipelihara di konservasi ini. Mulai dari jenis kupu-kupu yang sering kita jumpai, sampai yang sudah langka. 

kemenuh butterfly park gianyar bali

Kemenuh Waterpark

Puas bermain bersama kupu-kupu dan mengamati proses metamorphosis kupu-kupu, anak-anak makin tak sabar untuk bermain air di waterpark.

Dari butterfly park terdapat pintu yang langsung menuju waterpark. Areanya sedang saja, tidak terlalu luas tapi juga bukan area kecil. Terdapat kolam untuk anak-anak dan dewasa. Di bagian anak-anak, terdapat seluncuran dan water slider dan ember tumpah. Di area dewasa juga dilengkapi waterslider/perosotan. 

Di sekeliling kolam terdapat saung yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk meletakkan barang bawaan dan menunggu anak-anak bermain air. Di bagian atas terdapat meja/kursi berpayung. Jika menginginkan makanan dan minuman, bisa memesan ke restoran melalui petugas yang ada di kolam renang. 

Area bilas dan kamar mandi terdapat di bagian bawah, seperti area basement di bawah gazebo kafe. Perlu diperhatikan, area ini cukup licin dan selalu basah karena terkena aliran air dari kolam renang. Harus ekstra hati-hati terutama jika memakai sandal licin. Penerangan juga cenderung remang-remang. Tiap ruang ganti ditutup dengan tirai. Untuk ruang bilas dan toilet laki-laki berada di sisi lainnya, di sebelah gazebo dan lebih simpel dibanding area bilas perempuan. 

kemenuh waterpark gianyar

Harga Tiket Masuk Kemenuh Butterfly Park dan Kemenuh Waterpark

Harga tiket masuk Kemenuh Butterfly Park dan Kemenuh Waterpark @ IDR 50K untuk dewasa dan @ IDR 30K untuk anak-anak bagi turis lokal. Sedangkan tiket masuk untuk turis mancanegara IDR 100K untuk dewasa dan 50K untuk anak-anak.  Tiket lokal terusan sebesar 75K untuk dewasa dan 50K untuk anak-anak. 

Restoran “Warung Kupu-kupu”

Di sini juga terdapat restoran yang menyediakan berbagai menu makanan mulai dari menu Indonesia, Western, Indian, dan dessert seperti eskrim. Bisa memesan melalui petugas di kolam renang atau langsung menuju resto yang tepat bersebelahan dengan kolam renang. 

Di depan restoran juga terdapat area outdoor (garden) yang bisa digunakan jika mengadakan acara bersama rombongan (dengan reservasi tentunya). 

Villa

Jika ingin merasakan segarnya pagi hari di area persawahan, cobalah untuk menginap di villa ‘Kartika Dahayu Villas”. Villa ini dilengkapi dengan private pool dan bisa juga mengakses kolam umum.

Oh ya, bagi yang mau belanja souvenir buat oleh-oleh, di sini juga tersedia toko souvenir yang menyediakan merchandise kupu-kupu dan pernak-pernik khas Bali.  

Kemenuh Butterfly Park dan Kemenuh Waterpark cukup direkomendasikan sebagai tujuan wisata keluarga dan wisata edukasi di Bali. Areanya tidak terlalu jauh dari jalan utama Kabupaten Gianyar dan masih terbilang mudah dijangkau dari bandara I Gusti Ngurah Rai atau dari Kota Denpasar. 

Semoga bermanfaat, 

Salam, 

Posting Komentar

Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Intellifluence Logo Link Banner