Surat Cinta untuk Laptop ASUS AI Vivobook S 14 OLED

Daftar Isi

 
Laptop AI terbaru 2024

Dear, ASUS Vivobook S 14 OLED,

Kuberaikan diri menulis surat cinta ini untukmu. 

Sebelumnya, perkenankan saya untuk memperkenalkan diri. Saya Arina Mabruroh, seorang ibu rumah tangga dengan 3 anak perempuan. Panggil saya Arina, ya! Aktivitas lain saya adalah menekuni dunia kepenulisan, jadi blogger, yang ngonten di media sosial, dan belajar ngonten di marketplace untuk dapat cuan tambahan. Oh ya, saya juga lagi demen banget belajar edit video dan voice over untuk video dan audiobook.

Saya pengguna laptop ASUS sejak tahun 2013. Waktu itu, beli laptop pertama dengan layar 14 inchi berwarna putih. Laptop itu kuberi nama LUPITA akronim dari "Laptop Putih Tercinta:. Hihi. Emang kadang saya nih norak, apa-apa dikasih nama :D

Takjub banget saat mendengar kabar kalau sekarang ASUS mengeluarkan produk baru dengan teknologi AI yang sudah built-in dalam laptop. 

Teknologi AI di laptop tuh buat apanya, ya? Pikirku saat itu. Maklum, maraknya AI yang saya ketahui itu di Ponsel, dan belum sempat cari info lebih jauh lagi. Ternyata, saat dapat penjelasan tentang laptop AI dalam acara Gathering ASUS di Denpasar, makin terpukau sama ASUS. Ternyata memang sudah sedekat itu aktivitas kita sehari-hari dengan teknologi AI, mulai dari penyimpanan foto, penelusuran informasi, penyuntingan foto dan video, dll. Saat ini memang kita harus berdampingan dan memanfaatkan sebaik-baiknya perkembangan teknologi AI

“Semua laptop yang memiliki logo ASUS AI dipastikan hadir sebagai laptop AI, sehingga masyarakat Indonesia tidak akan kesulitan saat mencari laptop AI,” ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director. “ASUS AI merupakan bentuk komitmen ASUS dalam menghadirkan inovasi teknologi laptop terdepan. Bahkan hingga saat ini, ASUS merupakan satu-satunya brand laptop yang konsisten menghadirkan jajaran laptop AI serta memiliki portofolio produk paling lengkap.”

Betul banget yang dibilang sama Pak Direktur. Inovasi ASUS untuk laptop AI ini terdepan. Laptopnya telah dilengkapi dengan software dan hardware yang memanfaatkan teknologi AI. 

Oh ya, ada 5 laptop di jajaran laptop ASUS AI . Mulai dari satu-satunya laptop AI dengan layar ganda yaitu Zenbook DUO (UX8406), laptop AI tipis dan ringan yaitu Zenbook 14 OLED (UX3405) dan Zenbook 14 OLED (UM3406), hingga laptop AI terjangkau yaitu Vivobook S 14 OLED (S5406) dan Vivobook S 14 OLED (M5406), semuanya merupakan laptop ASUS AI yang dijamin memiliki persyaratan sebagai laptop AI. Lengkap banget! Memang ASUS menyediakan laptop AI paling lengkap di Indonesia, nih. 

Siapa sih, yang hari ini tidak mengenal ASUS? ASUS merupakan perusahaan multinasional sekaligus produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis, dan router terbaik di dunia dengan visi sebagai perusahaan teknologi terdepan dan paling inovatif di dunia. 

Lebih dari 72.192 penghargaan dari organisasi teknologi terpandang dan media IT telah diperoleh oleh ASUS Sebagai bukti dari komitmen terhadap inovasi, desain dan kualitas. Prestasi yang luar biasa. 

Di tahun 2023, ASUS kembali mengukuhkan diri sebagai pemimpin pasar laptop di Indonesia dengan penguasaan pasar lebih dari 40%. Pencapaian tersebut juga menandakan bahwa ASUS telah menjadi pemimpin pasar laptop di Indonesia selama satu dekade berturut-turut. Tak heran saat ini ASUS pun menjadi produsen yang menyediakan laptop AI terkomplet di Indonesia. 

ASUS telah menghadirkan banyak sekali inovasi teknologi sepanjang 10 tahun terakhir mulai dari laptop ultra-ringkas dengan bezel layar tipis, laptop layar ganda, hingga laptop berperforma tinggi yang khusus dirancang untuk para konten kreator dan gamer. 

ASUS juga kembali meraih penghargaan Top Brand 2023. ASUS meraih nilai TBI atau Top Brand Index sebesar 24,4% sehingga menempatkannya pada posisi pertama sebagai merek laptop pilihan masyarakat Indonesia. ASUS berhasil unggul dari kompetitor dengan selisih nilai TBI sebesar 3,2% dari posisi nomor dua di Top Brand Award.

Kalau ingat laptop, kata yang pertama muncul adalah “ASUS” setuju?

Cinta Pandangan Pertama pada si Multitasking ASUS Zenbook Duo (UX8406)

Jujur, sebenarnya, love at the fisrt sight-ku malah sama si Multitasking ASUS Zenbook DUO (UX8406) yang menjadi andalan ASUS di tahun 2024. Soalnya dia tuh paling stunning, paling eye catching di antara jajaran laptop ASUS AI.

Laptop lain tampilannya dengan satu layar, eh, ini pakai dua layar dan dibekali stand di bagian belakang biar lebih fleksibel digunakan. Bisa dijadikan tampilan full 1 layar dengan 1 task, bisa jadi 2 layar dengan 2 task, bisa dimiringkan jadi seperti buku yang terbuka, bisa jadi seperti laptop biasa dengan tambahan keyboard juga. FYI, keyboard-nya tuh tipis banget setipis triplek, jadi nggak akan bikin ribet. In case ketinggalan keyboard, bisa juga pakai virtual keyboard. Model keyboard-nya juga bisa dibikin seperti Zenbook edisi sebelumnya. 

Gimana nggak jatuh cinta, coba?

Tambahan lagi, si Laptop dual screen ini juga laptop yang powerful abis. Ditenagai oleh prosesor hingga Intel® Core™ Ultra 9 yang di dalamnya sudah dibekali Intel® AI Boost NPU dan chip grafis Intel® Arc™. Zenbook DUO (UX8406) ditenagai oleh Windows 11 dan didukung Copilot untuk pengalaman AI sekaligus multitasking tak tertandingi. Zenbook DUO (UX8406) hadir di Harga mulai dari Rp34.999.000.

Namun, setelah melihat dan mengamati semua laptopnya, saya justru jatuh hati sama Kamu lho, Vivobook S 14 OLED. Si Duo terlalu sultan untuk saya yang jelata. Hiks. Kurelakan dia untuk mereka yang lebih membutuhkan kinerja laptop advance untuk desain, coding, atau pekerjaan lainnya. 

Alasanku Jatuh Hati pada ASUS Vivobook S14 OLED

Laptop untuk Seluruh Penghuni Rumah

Alasan pertamaku lebih jatuh hati padamu adalah, dirimu lah yang lebih sesuai untuk menjawab kebutuhan gawai di rumah. Ada 3 orang yang membutuhkan laptop: saya dengan kebiasaan menulis, editing foto dan video, blogging, juga belajar desain di Canva, ngonten di media sosial, dan urusan administrasi organisasi. Lalu di Kakak yang masih seorang pelajar sekolah dasar dengan kebutuhan laptop untuk praktik pelajaran TIK, zoom meeting rutin kelas malam, belajar desain di Canva, dan belajar nulis. Satu lagi suami saya, biasanya membutuhkan laptop untuk membuat laporan/jurnal harian dan zoom meeting. 

Semuanya masih dalam tataran kebutuhan middle range (Next level AI for medium AI User). Beberapa aplikasi yang saya gunakan memang membutuhkan laptop yang powerful, sesuai dengan performa ASUS Vivobook S 14 OLED. ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) ataupun Vivobook S 14 OLED (M5406). Kedua laptop ini diperkuat oleh prosesor hingga Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H ataupun AMD Ryzen™ 7 8840HS dengan TDP yang lebih tinggi yakni hingga 50W. Produk ini juga sudah dipasarkan di harga mulai dari Rp15.799.000. di jajaran laptop ASUS AI, memang Kamu yang paling affordable, ya!

Kinerja laptop AI bakal lebih prima karena adanya NPU. Neutral Processing Unit, atau NPU, adalah jenis prosesor khusus yang dirancang untuk mempercepat pemrosesan algoritma kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (machine learning). Kalau sudah pakai NPU, dijamin kinerja bakal makin optimal. 

Contohnya, untuk penyuntingan video. Saat dilakukan perbandingan dengan 2 laptop yang sejenis tapi berbeda prosesornya (laptop 1 sudah NPU, laptop lainnya masih GPU), menunjukkan hasil kerja 3x lebih cepat pada laptop NPU. Menakjubkan! Nggak ada lagi waktu terbuang hanya untuk menunggu rendering

Oh ya, sebenarnya si Kakak sempat tertarik untuk mengikuti ekstra kurikuler coding di sekolah, yang baru mulai sejak tahun pelajaran 2024/2025 ini. Sayangnya kami belum bisa meminangmu sekarang ya, Vivobook S14 OLED. Semoga tahun depan keinginan Kakak terkabul. Aamiin. 

The Most Powerful and Compact AI Laptop

Yup! Se-compact dan se-powerful itu lho, Kamu, Vivobook S14 OLED. Dengan berat hanya 1,3 kg dan ketebalan 1,39 cm, ringan dan tipis untuk dibawa pergi. Masuk tas kerja atau ransel. Sebagai pengurus beberapa organisasi dan dituntut untuk mobile, seringkali harus membawa laptop untuk keperluan kegiatan di luar. Tentunya, saya butuh laptop yang compact. Lebih keren lagi karena bisa dimiringkan sampai 180°. Nggak takut patah! Yagazeh?! 

Tampilan desain kamu canggih dengan metal look. Dua warna pilhan yaitu Mist Blue dan Neutral Black. Keduanya warna yang soft dan cocok dipakai oleh siapa saja.

Buat teleconference macam zoom meeting pun bakal oke banget karena adanya Next-level AI Noise-canceling Audio Technology. Untuk memberikan pengalaman kerja jarak jauh dan konferensi video yang luar biasa, Kamu sudah dilengkapi dengan Teknologi Peredam Kebisingan AI. Teknologi ini membantu menyaring kebisingan sekitar untuk kualitas panggilan konferensi grup yang optimal. Kakak dan Ayah nggak terganggu lagi saat sedang  meeting tapi ada adik-adiknya yang ikut rempong di sekitarnya. 

Saya juga bakal mengucapkan “selamat tinggal untuk tampilan kualitas video buruk” jika sudah memilikimu, ASUS Vivobook S14 OLED. Karena ASUS sudah memastikan untuk memberikan pengalaman panggilan video terbaik dengan kamera ASUS AiSense. Kamera dengan Windows Studio Effects ini memastikan pengguna untuk selalu tampil terbaik selama konferensi virtual. 

ASUS AiSense Camera with Windows Studio Effects ini memiiki 4 fungsi yaitu: pertama, Background Blur, untuk mengaburkan latar belakang saat teleconference. Tentunya privasi jadi lebih terjaga, ya!

Kedua, Eye Contact Correction, yang secara otomatis mendeteksi gerakan mata agar pandangan tampak selalu sedang melihat ke kamera. Ketiga, ASUS 3DNR yaitu Teknologi ASUS 3D Noise Reduction (3DNR) untuk meningkatkan kejernihan gambar. Keempat, Automatic Framing, yang secara otomatis mendeteksi dan mengikuti gerakan pengguna. Saat harus presentasi sambal berdiri, nggak takut lagi bakal out of frame

Keyboard dan touchpad Kamu juga unik banget, dilengkapi dengan Single-zone RGB Backlight yang memungkinkan pengguna buat mengganti warna backlight keyboard sesuai dengan warna favorit masing-masing.

Untuk konektivitas, Kamu juga sudah lengkap banget. Sudah punya USB 3.2 Gen 1 Type-A, HDMI 2.1 TMDS, ThunderboltTM 4 USB-C® / USB 4.0 Gen Type-C, MicroSD card reader, dan Audio combo jack. 

Nggak khawatir lagi kehabisan battery karena ASUS Vivobook S 14 OLED mengusung baterai berkapasitas tinggi, 75 Wh, dengan penggunaan sampai 16+ jam. Sudah fast charging, jadi nggak butuh waktu lama untuk recharge battery

Nyaman bekerja dengan berbagai
keunggulan ASUS Vivobook S14 OLED

Ramah untuk Penderita Mata Minus

Sebagai penderita mata minus (apalagi suami saya minusnya sudah 7) jadi hati-hati banget kalau di depan laptop. Untungnya, Vivobook S 14 OLED sudah dibekali dengan layar ASUS Lumina OLED. Layar OLED ASUS Lumina lebih akurat, lebih adaptif, dan lebih andal dibandingkan layar OLED lainnya. 

Paparan cahaya biru yang rendah lebih menyehatkan mata, lebih ramah untuk penderita mata minus seperti kami, dan membuat kualitas tidur lebih baik. Biasanya kalau habis di depan laptop, mata jadi pedih kan? Nggak lagi pedih dengan kualitas layar ASUS Lumina OLED. 100% DCI-P3 color gamut bikin warnanya juga terlihat lebih hidup dan 100% mirip dengan aslinya. Urusan cetak, nggak takut hasilnya beda dengan yang terpampang di layar.

Dengan Up to  60Hz Refresh rate, Up to 89% Screen-to-body ratio Aspect bikin pengalaman menonton kita makin nyaman. Buat main games atau nonton video jadi lebih atraktif. 

Alasan apa lagi yang bikin nggak jatuh hati, coba?

Lebih Mudah dengan Ms. Copilot for Windows

Dibekali dengan operasi Windows 11, Kamu juga semakin mendukung pekerjaan dengan Ms. Copilot for Windows. AI ini memungkinkan kita untuk mendapatkan wawasan segar, mengeksplorasi keterampilan baru, berkreasi dengan mudah, dan menghemat waktu yang berharga. 

Misalnya saya lagi kepoin Kamu, tinggal ketik “ASUS Vivobook S14 OLED” maka semua informasi tentang kamu akan muncul di sana. Begitu juga saat saya mencari informasi lain, misalnya “Tempat nge-date sambal menikmati sunset di Bali” secara otomatis akan muncul informasi seputar command/promt yang diminta. Tenang, history pencarian akan di-private sama sistem, jadi aman deh. 

ASUS IceCool Thermal technology

Ehm! Semoga Kamu nggak panas, ya, baca suratku yang panjang ini. Kalau Kamu manusia, mungkin telingamu sudah panas dan merah macam udang rebus, hihi.

Saya tahu, Kamu tuh sudah dibekali sama ASUS IceCool Thermal technology yang bikin kamu stay cool meski harus kerja berat membaca surat cinta yang panjang ini, buat main games atau buat perkerjaan lain. Teknologi pendingin ini bekerja secara optimal tanpa bikin kinerja laptop menurun. Slay! 


Keunggulan Laptop AI Lainnya

Hey! Semakin saya penasaran cari info, semakin naksir sama Kamu, lho! Apalagi masih banyak keunggulan laptop AI lainnya. Misalnya, adanya aplikasi Paint yang kini hadir dengan Tools baru yang membantu mengedit foto seperti pro dan berkreasi seperti visioner. Ada juga Snipping Tool dan Screen Recorder untuk capture foto/video, edit dan berbagi ke orang lain.

Lalu ada aplikasi Photos memudahkan mengatur, edit dan melihat ulang semua momen berharga. Juga ada Microsoft Clipchamp, aplikasi editor video yang dirancang untuk memudahkan penggunanya membuat video. Clipchamp dapat digunakan untuk menggabungkan video, gambar, dan audio, serta menambahkan teks dan efek.

Begitulah, makin dilihat, makin kuterpesona. Nggak apa-apa juga kalau yang ikut membaca surat cinta ini ikut menambatkan hati padamu, ASUS Vivobook S 14 OLED. Sementara ini bagiku, belum cukup nyali untuk meminangmu. Semoga nanti kita bersanding di meja kerja. Biarkan waktu yang menjawab, kan kusebut namamu dalam doaku. Selalu. 

Salam, 

Arina Mabruroh

Your Secret Admirer

23 komentar

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam
Comment Author Avatar
6 September 2024 pukul 19.37 Hapus
Huaaa keren banget fiturnya 😍. Auto mupeng!. Cakep pol 😍
Comment Author Avatar
7 September 2024 pukul 10.11 Hapus
Iya... Cakep semua laptopnya
Comment Author Avatar
6 September 2024 pukul 19.55 Hapus
Inovasi ASUS memang keren, tak ketinggalan selalu mengeluarkan produk2 laptop dengan inovasi terbaru.
Comment Author Avatar
7 September 2024 pukul 10.12 Hapus
Tiap tahun adaaaa aja yang baru yang makin keren
Huhuy banget ini surat cintanya, semoga gayung bersambut ya, dan tidak bertepuk sebelah tangan, aamiin.
Comment Author Avatar
7 September 2024 pukul 10.12 Hapus
Aamiin.. terima kasih, Bu
Comment Author Avatar
7 September 2024 pukul 08.27 Hapus
Keren bangettt fiturnya. Bisa jadi rekomendasi 😍.
Comment Author Avatar
7 September 2024 pukul 17.56 Hapus
Cocok buat content creator, Mbak 😍
Comment Author Avatar
13 September 2024 pukul 05.15 Hapus
Baca tulisan ini..jadi ingat si maroon Asus kesayanganku yg sdh tua dan blm ada gantinya hiks.. Trims sharing infonya ya.. mudah-mudahan bisa punya satu lagi Asus yg keren ini..
Comment Author Avatar
14 September 2024 pukul 20.36 Hapus
Aamiin... Semoga terkabul, Mbak
Comment Author Avatar
13 September 2024 pukul 15.41 Hapus
Sama denganku, kak. Pertama kali beli notebook ya belinya ASUS. Warna putih. Cuma aku nggak sampai yang memberi nama ke notebook ASUSku. Hehehe....
Comment Author Avatar
14 September 2024 pukul 20.37 Hapus
Waah... Toss! Waktu itu tuh barang elektronik warna putih lagi trend banget ya
Comment Author Avatar
14 September 2024 pukul 14.06 Hapus
Speknya kerenn... ASUS emang selalu bikin kepincut hati. Semoga ada rezeki buat meminangnya.
Comment Author Avatar
14 September 2024 pukul 20.37 Hapus
Aamiin
Comment Author Avatar
14 September 2024 pukul 16.25 Hapus
Teknologi AI di laptop ASUS dengan didukung NPU bakal bikin kinerja prosesor makin cepat ya. Bikin konten makin sat set tanpa harus nungguin karena lemot. Fitur di Vivobook OLED S14 ini juga bikin aku mupeng ganti laptop
Comment Author Avatar
14 September 2024 pukul 20.38 Hapus
Bener Mbak, bikin mupeng asli
Comment Author Avatar
14 September 2024 pukul 18.49 Hapus
Hadiiirrr.... pemilik mata minus yang harus sering berada di depan laptop juga nih. Iya bener, klo kelamaan di depan laptop biasanya perih banget rasanya. Sudah waktunya yaa geser ke Vivobook S14 OLED nih. ;)
Comment Author Avatar
14 September 2024 pukul 20.38 Hapus
MasyaAllah, Ayuk Mbak, samaan #Haludulu
Comment Author Avatar
14 September 2024 pukul 19.16 Hapus
Surat cinta yang maniis. Semoga terwujud harapannya, bisa bersanding dengan laptop super dari ASUS ini.
Comment Author Avatar
14 September 2024 pukul 20.38 Hapus
Aamiin...
Terima kasih, Mbak Lia
Comment Author Avatar
16 September 2024 pukul 12.56 Hapus
Semoga ada rejeki punya asus, speknya selalu bikin envy pol. Siapa yang nggak kepengen jajal heheheh. Seru ya mbaa acaranya
Comment Author Avatar
17 September 2024 pukul 04.09 Hapus
semoga kita semua bisa segera meminang salah satu dari mereka, dan mampu meningkatkan produktifitas menulis, huaa...pengennn
Comment Author Avatar
19 September 2024 pukul 06.29 Hapus
aaamiiiin.. sama mba, aku jg belum punya laptop nih, kalau ada rezeki pengen beli laptopnya ASUS, syukur syukur yang S14 iniii
Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Intellifluence Logo Link Banner