Review Xtracare: Rangkaian Skincare Holistik Terbaru untuk Self-healing Kulit

Daftar Isi
review skincare korea xtracare

Temans, siapa nih yang sejak dulu jadi K-Pop lover, demen nonton Drama Korea alias Drakor, doyan berburu skincare Korea, lalu berujung punya mimpi wisata ke Korea dan ketemu para idol? Memang sebesar itu ya Korean wave. Nah, nanti kita review Xtracare Ionic Skincare System pertama di dunia, Rangkaian Skincare Holistik Terbaru untuk Self-healing Kulit dan ini skincare Korea lho… 

My Skincare Journey

Sebelum bahas lebih lanjut soal skincare Korea-nya, saya mau cerita soal perjalanan saya sampai menemukan skincare yang cocok, ya.

Ngomongin soal skincare, pernahkah Temans punya pengalaman yang nggak mengenakkan? Sedikit cerita, saya pernah mengalami (entah break out atau masalah lain karena ketidak cocokan dengan skincare yang saya pakai) tiba-tiba wajah berjerawat parah. Jerawat muncul dengan ukuran besar seperti bisul bernanah, meradang dan merah, merata hampir di seluruh wajah. Wajah pun terasa gatal dan perih.

Saya ingat waktu itu menjelang menikah, saya melakukan perawatan rutin. Facial di salah satu salon di kota kecil kelahiran saya. Kondisi wajah memang sejak dulu sering hyperpigmented. Pada dasarnya memang kulit saya cokelat cenderung gelap. Saat belum aware dengan perawatan wajah, saya cuek saja seharian terpanggang matahari dan berujung wajah semakin gelap dan belang.

Baru mulai benar-benar sadar tentang skincare setelah bekerja dan sering mendapat insight dari teman-teman. Sayangnya, tiba-tiba saya termakan iklan dan mencoba memakai salah satu merek skincare yang sering muncul di TV. Setelah itu, satu demi satu jerawat muncul dan semakin banyak. Bingung mau bagaimana, akhirnya hanya mengurangi penggunaan kosmetik.

Lalu seorang teman menyarankan untuk periksa ke dokter kulit. Saya pun mengikuti sarannya. Saat itu saya sempat terbengong lama, karena periksa tak sampai 5 menit dan dokter hanya bilang, “oh, jerawat.” Beliau pun meresepkan skincare yang harus dipakai secara rutin, termasuk di dalamnya lotion untuk dioleskan ke jerawat yang meradang. Praktis selama kosmetik yang diresepkan dokter itu belum habis, saya tidak menggunakan kosmetik lain. Ketika akan keluar rumah, hanya menggunakan bedak tabur untuk sedikit memberikan kesan lebih segar.

Alhamdulillah, berangsur-angsur jerawat menghilang dan kembali ke setelan awal: berjerawat di area tertentu ketika menjelang – pasca menstruasi. Namun, butuh bertahun-tahun untuk mengurangi bekas jerawat yang menyisakan noda hitam dan tekstur (semacam luka parut karena dulu kalau terasa gatal, suka mencet jerawat). Sampai sekarang pun, jika diperhatikan, masih ada noda jerawat meski terlihat samar. Skincare yang diresepkan oleh dokter memang terbukti lebih efektif, tapi saya memutuskan untuk berhenti karena pindah luar kota mengikuti suami. Saya kembali menggunakan skincare drugstore dengan lebih selektif.

Pelajaran sebagai acne fighter ini membuatku semakin lama semakin aware untuk melakukan perawatan wajah. Saya memang belum rutin melakukan perawatan di klinik kecantikan (hanya sesekali jika ada waktu dan anak bisa ditinggal). Lebih banyak saya hanya melakukan perawatan di rumah dengan skincare dasar mulai dari cleansing, moisturizing, dan protecting dengan menggunakan facial wash, toner, serum, moisturizer, dan sunscreen. 

Pengaruh Kualitas Udara Terhadap Kesehatan Kulit 

Berdasarkan laporan terbaru Kualitas Udara Dunia IQAir 2023, Indonesia menduduki peringkat ke-7 sebagai negara dengan tingkat polusi udara tertinggi di dunia.

Kenyataan yang bikin sedih, ya. Terutama buat kita yang tinggal di pusat kota, yang setiap hari pemandangan sekitar hanya tembok tinggi, panas yang menyengat, udara yang kena polusi. 

Sebagai contoh, polutan yang biasa ditemukan di Jakarta adalah PM2,5 dimana konsentrasinya 16,8 kali lipat dari rekomendasi WHO dengan predikat “tidak sehat”. Alhasil, polusi udara dapat mengakibatkan berbagai implikasi kesehatan, termasuk diantaranya kesehatan kulit. Kondisi ini membuat kulit terkena radikal bebas, sehingga lebih rentan mengalami radang, jerawat, hiperpigmentasi, dll. 

Seorang teman yang belum lama ini pindah ke luar kota, di perumahan baru di mana sekitarnya masih persawahan, mengaku kualitas hidupnya jauh lebih baik. Setiap hari bisa menghirup udara segar tanpa polusi, mendengar suara gemericik air, dan hanya berjalan ke sekeliling perumahan sudah membuat pikiran segar. Tubuh pun terasa jauh lebih sehat dibanding saat tinggal di tengah kota. 

Wah, seberpengaruh itu ya, kondisi udara terhadap kesehatan kulit kita. Tentunya juga diimbangi dengan pola hidup yang sehat mulai dari asupan nutrisi yang baik untuk kulit, ditunjang dengan penggunaan skincare yang tepat, pikiran yang tenang, dan istirahat yang cukup.

Saat ini pesona wajah Korea yang sehat dan terawat menjadi inspirasi kecantikan khususnya di Asia. Korean wave di mana-mana termasuk di Indonesia. Masyarakat pun semakin menggemari berbagai hal ‘berbau’ Korea termasuk skincare. Nah, Temans suka dengan skincare Korea juga nggak nih? 

Xtracare: Ionic Skincare System Pertama di Dunia, Rangkaian Skincare Holistik Terbaru untuk Self-healing Kulit

Sejak tinggal di Denpasar, tak hanya kualitas udara yang bikin wajah saya makin kusam, tapi juga kualitas airnya yang berkapur. Kebetulan, di tempat tinggal saya menggunakan air tanah dengan kandungan kapur yang tinggi. Kulit terasa lebih mudah kering dan kusam. Saya juga seringkali harus keluar rumah di siang bolong dengan jalan kaki untuk menjemput anak sekolah. meskipun sudah menggunakan proteksi seperti masker, topi dan atau payung, tak bisa dihindari, kulit mengalami hiperpigmentasi dan berakibat belang. 

Saya pun kepo lagi seputar skincare Korea dan klinik kecantikan di Kota Denpasar. Seperti yang saya sebutkan di awal, skincare yang diresepkan oleh dokter biasanya lebih efektif karena sudah disesuaikan dengan kondisi kulit kita, sudah berdasarkan diagnosis dokter saat konsultasi. Tentunya juga lebih aman dan nyaman karena telah teruji klinis. Ketemulah dengan klinik dr. Vanesa @dr.vanessa.spdve, yang punya akun Instagram @saddasaskincare.

Saya pun tertarik dengan Xtracare, produk baru dari Interbat, dan berasal dari Korea. Skincare Korea, euy! Kalau pakai malam hari berasa kek adegan pemeran utama wanita  sedang night skin care routine sebelum tidur nggak sih. Hihi.

Xtracare dari Interbat Aesthetic

Oh ya, kenalan dengan Xtracare dulu, yuk. 

Interbat Aesthetic meluncurkan rangkaian produk pertamanya di bawah brand Xtracare sebagai Ionic Skincare System pertama di dunia yang memadukan teknologi Ion Balancing Minerals dengan Intercellular Lamellar Emulsion pada Maret tahun 2024 ini. Peluncuran produk ini guna memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia atas produk skincare yang tidak hanya merawat tapi juga mengembalikan kesehatan kulit. Siapa sih yang tidak ingin kulitnya kembali sehat?

“Satu inovasi teknologi Korea yang saya lihat mampu menjawab kebutuhan kulit adalah Ion Balancing Minerals. Ini terobosan baru yang sangat penting, karena sebenarnya, skin barrier di kulit manusia itu bisa melakukan self-healing ketika diberi perlakuan yang tepat.” dr. Stanley Setiawan, Sp.DVE., FINSDV, FAADV memberikan informasi. 

Ion Balancing Minerals adalah teknologi pertama di dunia yang berhasil menggunakan ion dari mineral alam kalsium dan magnesium dalam formulasi skincare yang stabil. Ion sendiri adalah molekul bermuatan listrik yang terdapat di alam termasuk sel tubuh kita. Ketidakseimbangan ion dalam sel tubuh dapat menyebabkan berbagai permasalahan seperti meningkatnya radikal bebas hingga peradangan. Dengan kadar ion yang seimbang, kalsium dan magnesium akan membantu sel kulit untuk self-healing dan memperkuat skin barrier, mengunci kelembaban, dan melindungi kulit dari bakteri penyebab infeksi dan jerawat.

Saat dikombinasikan dengan Intercellular Lamellar Emulsion–formulasi dengan konsentrasi ceramide, kolesterol, dan asam lemak yang sangat spesifik dan menyerupai struktur kulit manusia, sel kulit akan terangsang untuk membentuk kolagen dan memperbaiki jaringan yang rusak ataupun mengalami penuaan.

Xtracare adalah rangkaian produk skincare pertama dari Interbat Aesthetic yang pastinya sudah teruji klinis dan mampu memperbaiki skin barrier dan mengembalikan fungsi kulit yang rusak.

Teknologi yang digunakan sangat mutakhir, namun bahan-bahan aktifnya diekstraksi dari tumbuh-tumbuhan serta mineral alam, sehingga aman bahkan untuk kulit yang rentan dan sensitif. Seneng ya, memanfaatkan kekayaan alam dengan kemajuan teknologi yang nantinya bermanfaat untuk kita juga. 

Produk Unggulan Xtracare

Xtracare terdiri dari 2 rangkaian kategori yaitu Xtrabarrier dan Xtrawhite. Masing-masing kategori memiliki rangkaian produk yang lengkap seperti cleanser, booster, serum, dan lainnya. Pilih yang mana tentunya berdasarkan hasil konsultasi dengan dokter sesuai dengan kondisi kulit kita, ya. Karena Produk Xtracare bisa kita didapatkan melalui prescription dokter di klinik-klinik dermatologi terkemuka. Dermatologist product ini tentunya aman dan dapat dipertanggung jawabkan, ya. 

Buat temans di Denpasar dan sekitarnya, bisa langsung ke Klinik Dokter Vanessa, yaitu Saddasa Skincare yang beralamat di Apotek Saddasa, Jl. WR Supratman Lantai 2, Sumerta Kaja, Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali. Boleh juga nih, temans yang lagi liburan ke Bali sekaligus mencoba perawatan dan purchase Xtracare di sini. Ya kan?

Produk Xtracare adalah satu-satunya skincare di dunia yang mengandung kalsium dan magnesium. Keren yah, menjadi calcium skincare and magnesium skincare satu-satunya. Kualitas dan efektifitasnya sudah teruji secara klinis sehingga aman dan nyaman. Ada 2 produk unggulan Xtracare, yaitu:

1. Xtracare Ionic Rejuvenating Essence, yang dikemas dalam wadah inovatif sehingga tidak memiliki risiko produk tercemar atau terkontaminasi udara atau paparan matahari, sehingga keamanan produk dan kebersihannya pun terjamin. Kinerja kandungannya efektif menyegarkan kulit, mengembalikan kesehatan kulit dari dalam serta merangsang produksi kolagen untuk memperbaiki tekstur kulit.

2. Xtracare Hydrating Lotion, dengan formula yang ringan, menyerap dengan cepat, namun bisa menjaga kelembaban kulit hingga 8 jam sejak pemakaian. Ideal untuk kulit yang halus, kering ataupun stress.

Review Penggunaan Xtracare Xtrawhite Series

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, karena kondisi wajah saya yang kusam, banyak flek hitam, pori-pori dan komedo, dan mengalami hiperpigmentasi, maka saya menggunakan produk Xtracare seri xtrawhite. Produk yang saya coba ada 3 macam, yaitu Ionic Brightening Cleanser, Ionic Refining Toner, dan Ionic Radiance Serum. Ketiga produk ini cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif.

Ionic Brightening Cleanser

Xtrawhite™ Formula with ion balancing minerals + phyto-lighgtening complex: removes impurities and brightens dull skin. Efektif membersihkan kotoran, minyak, dan sisa make up di wajah sekaligus menstimulasi kulit agar terlihat lebih cerah, kenyal, dan lembap. Produk ini ideal untuk kulit yang kusam, dan warna kulit yang tidak merata.

Key ingerdiens pada produk ini di antaranya: orange oil, lemon oil, sea buckthorn extract, cowslip extract, lady’s mentle extract, green tea extract, mallow extract, and hyaluronic acid. 

Packaging-nya dengan box yang diberi pengaman dengan stiker hologram. Untuk kemasan cleanser-nya berupa tube dengan tutup flip top yang disegel sehingga aman, tidak akan tumpah sebelum segel dibuka. Tekstur cleanser adalah foam yang padat. Cara penggunaannya dengan mengambil secukupnya dan diusapkan ke wajah yang sudah dibasahi air. Karena teksturnya yang padat, kita ambil sedikit sudah sangat cukup untuk membersihkan seluruh wajah. Jangan lupa sambal pijat lembut area wajah, lalu bilas dengan air sampai bersih.

Setelah membersihkan wajah dengan Xtracare ionic brightening cleanser, wajah terasa bersih, segar, lebih lembap dan lebih kenyal. Pegang pipi berasa lebih plumpy gitu.  Semenyenangkan itu!

Apalagi aromanya juga segar, kalau di penciuman saya sih dominan aroma citrus. Seger banget deh, terutama buat pecinta aroma jeruk seperti saya. Setelah penggunaan cleanser ini, dilanjutkan dengan penggunaan ionic refining toner

Ionic Refining Toner

Xtrawhite™ Formula with ion balancing minerals + phyto-lighgtening complex: refines and hydrates skin. Adalah toner bebas alkohol yang lembut di kulit dan efektif untuk menyamarkan tampilan pori-pori dan mengembalikan pH kulit yang optimal.

Key ingerdiens pada produk ini di antaranya: Mallow extract, cowship extract, sea buchthorn extract, lemon oil, lady’s mentle extract, green tea extract, niacinamide, dan hyaluronic acid.

Kandungannya masih mirip dengan pembersih wajahnya ya, hanya berbeda komposisi dan dengan tambahan bahan aktif lainnya yang bermanfaat untuk menutrisi kulit. 

Packaging-nya dengan box yang diberi pengaman dengan stiker hologram. Kemasan toner terlihat mewah dengan botol pump bertutup mika serupa kaca. Tampilan elegannya makin terasa dengan nuansa silver di bagian atas. Teksturnya cair, cara penggunaannya mudah, cukup dengan menuangkan secukupnya ke telapak tangan, lalu aplikasikan ke seluruh wajah. Saya suka menepuk-nepuk wajah sambil menggunakan produk ini. Hasilnya bikin kulit makin lembap dan ternutrisi. Setelah memakai toner, dilanjutkan dengan serum. 

Ionic Radiance Serum

Xtrawhite™ Formula with ion balancing minerals + phyto-lighgtening complex: stimulate and revives skin. Serum ini menjaga kualitas lapisan kulit dan merangsang regenerasi agar kulit kembali terlihat bercahaya, berwarna rata, dan bertekstur halus.

Key ingrediens pada produk ini di antaranya: Niacinamide, hyaluronic acid, licorice extract, sea buchthorn extract, dan jeju centella asiatica extract.

Serupa dengan produk lainnya, packaging-nya dengan box yang diberi pengaman dengan stiker hologram. Serumnya dikemas dalam botol pump yang mewah dan unik. Botolnya ramping dengan nuansa silver sehingga tampilannya mewah. Teksturnya gel, cara penggunaannya juga mudah, tinggal digeser pengunci pump yang ada di belakang kemasan, lalu pump secukupnya, oleskan ke seluruh wajah sambal dipijat lembut. Hasilnya wajah jadi makin terhidrasi dan terasa nyaman. Siap deh untuk rangkaian skincare selanjutnya seperti pelembap dan sunscreen

Saya belum lama menggunakan produk ini (kurang lebih 2 pekan) secara rutin di pagi dan malam hari, tapi hasilnya sudah mulai terlihat. Kulit saya terasa lebih lembap (yang biasanya kering kombinasi berminyak di daerah T). Wajah lebih bersih dan terawat, pori-pori lebih rapat, dan ternyata bikin komedo juga makin berkurang. Semoga hiperpigmentasinya juga perlahan berkurang dan bikin wajah makin cerah. Aamiin.  Ya Allah, seneng banget! Ternyata seefektif itu hasilnya. Love! 

PR buat saya sih, untuk melakukan perawatan di klinik secara rutin juga (selama ini masih kadang-kadang aja, belum rutin) karena usia semakin bertambah, dark spot juga makin ke mana-mana, hiks. Semoga selanjutnya bisa rutin perawatan di klinik dr. Vanessa dengan rangkaian produk Xtracare. 

Nah, buat Temans yang ingin mendapatkan kulit bercahaya yang lebih sehat, bisa menggunakan produk Xtracare dengan konsultasi ke dokter di klinik yang direkomendasikan terlebih dahulu. Yuk, bareng-bareng menyehatkan dan mencerahkan wajah Indonesia dengan Xtracare dari Interbat Aesthetic.

Semoga bermanfaat, 

Salam, 

4 komentar

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam
Comment Author Avatar
19 Oktober 2024 pukul 18.16 Hapus
Akhir-akhir ini juga sering muncul jerawat nih. Kulit juga cenderung gelap n banyak flek hitam. Sepertinya bisa dicoba pake rangkaian produk Xtracare setelah konsul dulu
Comment Author Avatar
19 Oktober 2024 pukul 18.59 Hapus
Keren banget formulasinya 😍. Packagingnya mewah 😍. Aku yang banyak flek hitamnya ini sepertinya butuh nyobain, siapa tahu jadi glowing kek artis Korea ya 😍.
Comment Author Avatar
20 Oktober 2024 pukul 08.21 Hapus
Kebetulan, aku lagi masa pencarian skin care yg cocok nih, Mbak. Beneran Xtracare ini ringan ya, Mbak? Pengen coba, buat kulit normal cenderung berminyak ku ini.
Comment Author Avatar
21 Oktober 2024 pukul 09.01 Hapus
Kalo Xtrawhite ini bikin perih ga mbak? Takut ada alkoholnya :D
Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Intellifluence Logo Link Banner